3 Cara Efektif Mengelola dan Mengatur Stok Barang di Gudang

Mengelola inventaris yakni salah satu tantangan terbesar bagi perusahaan-perusahaan yang mempunyai banyak stok barang, lebih-lebih bagi Anda yang bisnisnya bergerak di industri grosir dan ritel. Pengelolaan stok barang dapat menjadi semakin kompleks sekiranya bisnis Anda mempunyai sebagian gudang di lokasi yang berjauhan. Akan namun, dengan manajemen gudang yang ideal, inventaris Anda pasti akan terkelola dengan bagus. Berikut ini yakni sebagian metode tepat sasaran mengelola stok barang di gudang yang dapat menolong kelangsungan bisnis Anda.

1. Rapikan Tempat Penyimpanan Inventaris

Langkah pertama yang wajib Anda ambil yakni memegang tempat penyimpanan stok barang Anda agar menjadi lebih rapi. Anda akan dapat lebih gampang menemukan barang-barang Anda sekiranya Anda menyusunnya dengan teratur. Ini juga akan menolong Anda meminimalisir kerusakan barang.

Pisahkan produk layak dengan tipe dan kategorinya masing-masing. Sediakan rak khusus untuk barang-barang yang paling laku terjual dan taruhlah di tempat yang gampang diakses, sehingga Anda dapat dengan gampang mengambilnya. Beri label pada tiap rak untuk memudahkan Anda menemukan barang yang Anda cari.

2. Buat Forecast Persediaan

Perkirakan jumlah stok barang yang perlu Anda tambahkan di gudang Anda untuk sebagian waktu ke depan. Forecasting dapat menjadi hal yang cukup kompleks sekiranya Anda memasarkan produk dalam bermacam tipe, namun hal ini tetap dapat disiasati. Seumpama, sekiranya pada bulan sebelumnya Anda memasarkan 100 barang yang sama, maka kira-kira pada bulan berikutnya, Anda juga membutuhkan barang hal yang demikian sebanyak 100 buah pula. Akan namun, Anda mungkin perlu memperbanyak pembelian barang hal yang demikian dikala musim libur tiba, sebab biasanya penjualan meningkat pada dikala musim libur.

3. Lakukan Pengecekan Stok secara Berkala

Pastikan bahwa Anda selalu melaksanakan pengecekan barang sebelum Anda memasukkannya ke dalam rak. Sistem ini menolong Anda mengenal barang-barang mana saja yang hilang, cacat, salah produksi, dan lain sebagainya. Sebaiknya Anda melaksanakan inspeksi ini sebelum Anda melaksanakan pemberian kode untuk menentukan bahwa barang-barang yang diberi kode yakni barang-barang yang layak jual.

3 cara diatas adalah cara dasar untuk mengelola dan mengatur stok barang di gudang. Tapi yang terpenting adalah penempatan dan pemasangan Rak Gudang. Sebagai jasa bongkar pasang rak kami siap membantu anda dalam mengatur posisi rak gudang yang efektif.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *